Jan 25, 2012

Yuk, Nyicipin Rasanya Nyetir Esemka Rajawali

Spesifik mobil Esemka Rajawali sesuai data yang diperoleh dari SMKN 2 Surakarta, Esemka Rajawali mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.630 mm, dengan jarak sumbu roda 3.050 mm. Sosoknya bagaikan sebuah SUV 7-seater. Dengan bentuk hidung mancung dan bodi panjang serta mengkotak di buritan. 


Dibagian pintu telah dilengkapi lampu door, jadi ketika pintu dibuka lampunya akan menyala. Dan kabin yang luas memudahkan penumpang berpostur 168 cm dan 87 kg  lapang masuknya. Joknya cukup nyaman dan ruang kaki lega. Kesan mewah langsung tergambar melihat nuansa interior.

Perpaduan warna coklat susu dan krem serta wood panel pada konsol tengah berisi audio dan Esemka Rajawali ini sudah dilengkapi audio. Ketika disetel radionya, suaranya bagus juga. Begitu pula fitur lainnya seperti AC double blower, central door lock, power window, electric mirror yang berfungsi oke. Sempat kaget ketika menatap dasbor, terhalang oleh lingkar  stir. Eits tenang, ternyata ada tilt steering. Weh, makin penasaran kan?

Kunci kontak diputar ketika mengetes mesinnya, terdengar suara mesin rada gemuruh. Asumsinya, suara berasal dari motor starter. Wah ternyata betul. “Itu karena penempatan motor starternya terlalu masuk. Karena dudukannya yang kita bikin, kurang keluar sedikit. Perlu dikikir lagi. Makanya mengakibatkan giginya ketika mesin hidup, giginya tergesek dan timbulkan bunyi.

Deruman suara mesin Esemka 1.5i, twincam 16 valve rada terdengar. Pasalnya, stasionernya lumayan tinggi, 1.000 rpm. “Pertimbangannya mesin itu berkapasitas 1.500 cc, kalau disetel pada 750 rpm, tenaganya akan ngedrop pada start awal. Sehingga disetel pada 1.000 rpm supaya start awalnya smooth.

Tarikan awal lumayan mumpuni. Perpindahan gigi pun oke tak berasa entakan. Begitu pula mencoba bermanuver belok kiri dan kekanan. Peranti power stering membuat nyaman. Begitu pula remnya. Sayangnya kami belum sempat mencoba lebih lama untuk mencoba suspensi lengan torsi depan dan per daun belakang.

No comments:

Post a Comment