May 11, 2012

Nama Suzuki Ertiga, dari Bahasa Indonesia

Kenapa mobil Suzuki Ertiga diberi nama bahasa Indonesia? Awalnya Ertiga bernama RIII di ajang Indonesia Motor Show (IIMS) 2010 dan tampil perdana secara global di ajang Auto Expo 2012, New Delhi, pada Januari lalu.



Asal nama Ertiga ini diambil dari bahasa Indonesia, yakni penggabungan kata Er (dari huruf R) yang berarti row(baris) dari tiga angka 3. Jadi Ertiga berarti mobil yang memiliki tiga baris pada interiornya dengan kapasitas tujuh orang penumpang. Cukup bangga ya bahasa Indonesia dijadikan nama suatu produk global Suzuki.., sebenernya penggunaan bahasa Indonesia untuk produk baru Suzuki ini hanya ingin mempermudah pengucapan dan pembacaan. Meski sempat tidak disetujui oleh Managemen Suzuki Motor Corporation (SMC) di Jepang namun dengan beberapa pertimbangan, akhirnya Suzuki Motor Corp menyetujui dan menjadikan nama Ertiga ini untuk produk globalnya yang dijual di India dan Indonesia.

Ertiga ini awalnya memiliki konsep real 3 rows. Artinya, bukan MPV yang menjejalkan paksa tiga baris. Sebab, saat ini banyak varian MPV yang dipaksakan tiga baris, sehingga saat duduk kenyamanan terganggu dikarenakan sempit.

No comments:

Post a Comment