Apr 18, 2012

Toyota Cetak Rekor Mobil Bertenaga Angin Tercepat di Dunia

Inovasi tiada henti, inilah sebuah slogan yang pas buat pabrikan mobil Toyota. Toyota tahu betul akan sebuah kenyamanan yang diinginkan konsumen, seperti mobil sejuta umat “ Toyota Avanza ” mobil ini diciptakan untuk menjawab sebuah impian mobil keluarga yang cocok untuk berpenumpang banyak.




Untuk tulisan kali ini tidak membahas mobil sejuta umat tersebut, tapi membahas inovasi Toyota yang lain. Toyota membuat mobil tenaga angin pada tahun lalu, 2011. Mobil yang diberi nama KU:RIN telah memecahkan rekor kecepatan, padahal cuma bertenaga angin..kok bisa ya? Berikut penjelasannya, mobil ini bertubuh bagai seperti sebuah peluru dengan panjang 3,5 meter dan lebar 0,8 meter ini berhasil meraih kecepatan 80,3 mph atau sekitar 129,2 km/h. Digerakkan dengan tiga roda mobil ini dirancang sedemikian rupa sehingga dengan tenaga mesin yang mampu memampatkan udara, mampu menghasilkan energi mekanik dari ekspansi udara terkompresi.

Kinerja pada mobil ini, udara yang bertekanan tinggi yang tersimpan di mobil ini bertindak sebagai penyimpanan energi dengan udara yang disimpannya, mobil yang dikembangkan oleh Toyota Industries Corp mampu berjalan sejauh 1,98 mil. Atas keberhasilan rekor ini dicatat di Japan Automobile Research Institute (JARI) fasilitas tes di Shirosato, Ibaraki Prefecture pada tanggal 9 September lalu.

No comments:

Post a Comment