Mar 28, 2012

Test Drive Mazda2 Sedan R A/T, Tidak Selincah Hatchback?

Apakah benar Mazda2 sedan R A/T, tidak selincah Hatchback? Mungkin perlu penelusuran lebih untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebagai awal pembahasan, coba menilik dulu pembedanya dengan tipe hatchback, beberapa detil memang  terlihat sama tapi berbeda di bagian grill  dan lampu depannya. Bagaimana dengan performa Mazda2 sedan ini?



Harga Mazda2 sedan yang dibanderol Rp. 245 juta ini memang tipe tertinggi, terdapat perbedaan  seperti suspensi  yang lebih rigid, sehingga stabil untuk bermanuver kencang ditambah pula penggunaan ban lebih lebar dan pelek lebih besar 16’, kestabilan ini akan terasa kala menikung cepat. Soal pengendalian dibanding tipe hatchback ada sedikit perubahan karakter, ini akibat dari rear overheang lebih jauh, tentu manuver di tikungan sedikit cenderung ada gejala oversteer, inilah penyebab kurang lincah sedan tersebut. Walau dengan suspensi  untuk tipe R ini, kekurangan itu bisa terkoreksi.

Bagaimana akselerasi nya, ternyata Mazda2 sedan ini tidak beda jauh dibanding hatchbacknya. Meski mobil ini memiliki bagasi, beratnya tak terpaut jauh loh.. sekitar 13 Kg saja. Hatchback memiki berat 1.066 Kg, sementara sedan 1.079 Kg. 

Jadi jawaban dari pertanyaan tadi, Mazda2 sedan cukup bagus untuk akselerasi dan pengendalian dan selain itu posisi duduk pun cukup nyaman.

No comments:

Post a Comment