Feb 9, 2012

Kenapa Avanza Bisa Lebih Laku dari Xenia?


Duet maut yang fenomenal dalam penjualan otomotif nasional, Avanza Xenia sudah mencapai lebih dari 1 juta unit. Kedua mobil ini sudah menjamur di jalanan ibukota dan beberapa daerah di tanah air. Tapi beda mobil Avanza Xenia kenapa Avanza selalu lebih laku dari Xenia?


Di lihat dari penjualan kedua merek ini, peningkatan yang signifikan melonjak tajam. Coba kita lihat catatan penjualan kedua merek ini. Secara total di pasar domestik tanah air, Avanza dan Xenia sudah terjual lebih dari 1 juta unit tersebut, komposisinya 600 ribu diantaranya adalah Avanza, sedangkan Xenia dikisaran 300 ribuan.

Dilihat dari segi penjatahan produksi  secara total produksi perbulan mencapai 20ribu unit, penjatahan produksi kedua mobil ini adalah Astra Daihatsu Motor, namun secara total produksi perbulan yang mencapai 20 ribu unit, Xenia hanya kejatahan 6.500 unit saja, sisanya dihabiskan Avanza.

Jadi kesimpulannya penjualan Avanza lebih laku ketimbang Xenia bukan karena permasalahan strategi marketing ataupun kemampuan menjual dua perusahaan yang berbeda  melainkan lebih kepada pengatauran komposisi.

No comments:

Post a Comment