Feb 1, 2012

Cibiran mengenai Mobil Esemka

Nama Joko Widodo alias Jokowi selaku Walikota Surakarta semakin mencuat bersamaan dengan Mobil Kiat Esemka yang dijadikan mobil dinasnya. Ada yang mendukung dan ada pula yang mencibir. Bagian bodi mobil, menurut sejumlah orang, dinilai banyak dempulannya.


Cibiran-cibiran yang tidak enak ditanggapi santai oleh wali kota yang akrab disapa Jokowi, saat berbincang di kantor Tempo pekan lalu. “Dibilang dempulannya tebal enggak pa pa. Wong memang tebal,” ujarnya.

Mobil Esemka yang digunakan oleh Jokowi adalah generasi ketiga dari 2 generasi sebelumnya, menurutnya generasi kedua sebelumnya belum bagus. Produk pertama dan kedua, menurut Jokowi, belum bagus. Dalam pembuatan mobil Esemka generasi ketiga, pelajar SMK di Solo bekerja sama dengan pemilik bengkel Kiat Motor, Sukiyat.

Cibiran yang ga enak pun dilontarkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie dan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Menurut  Marzuki setelah sekilas menyentuh mobil itu, secara spontan langsung menyebut bodi mobil banyak dempulannya kemudian Waluyo menilai tindakan Jokowi menjadikan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya adalah langkah sembrono karena mobil tersebut belum menjalani uji kelayakan dan keselamatan

Menurut  Jokowi, mobil Esemka bagus. Soal kelayakan, ia yakin mobil tersebut bisa melewati rangkaian uji kelayakan. Setelah dinyatakan layak, Jokowi berniat mendorong mobil itu untuk diproduksi secara massal.

No comments:

Post a Comment