Jan 16, 2012

Pembuatan Mobil Esemka

Proyek mobnas yang digarap siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia teryata tetap berlanjut. Proyek  SMK telah membuat  mobil Esemka terbaru  yang diberi nama Kiat Esemka.

Mobil Esemka yang sekarang beda dengan yang terdahulu. Esemka model sekarang yaitu Kiat Esemka, mobil ini sepertinya kalo diperhatikan merupakan perpaduan bentuk Kijang Innova, Nissan X-Trail, dan Honda CR-V. Dengan desain yang elegan, gagah, dan sederhana.

Pembuatan mobil Kiat Esemka yang mempunyai mesin 1.500 cc itu dikerjakan selama 3 bulan pada tahun 2011. Bila dilihat seksama bentuknya seperti Nissan X-Trail, tapi kalau dilihat dari depan mirip Honda CR-V. Sementara kalau dilihat  dari belakang layaknya Kijang Innova.

Walau perakitan total dikerjakan oleh siswa SMK Trucuk, sebenarnya mobil itu merupakan kerja bareng  SMK lain. Sebagian 'jeroan mesin'  tersebut merupakan karya siswa SMK Magelang dan Jakarta.


Secara keseluruhan mobil model Esemka 1.5i ini memiliki panjang panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, dan tinggi 1,84 meter serta mampu mengangkut 7 penumpang. Bahan bakarnya bensin premium dengan kapasitas tangki 75 liter. Harga mobil Esemka Mobil ini dibanderol dijual Rp 165 juta.

Dalam pameran inovasi, para siswa menampilkan kreasinya, baik kreasi di bidang pertanian, makanan olahan, furniture, hingga teknologi tepat guna. Selain itu digelar juga beragam kontes modifikasi motor, pembuatan film pendek, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment