Jan 31, 2012

Eco Drive Si Smart Grand Avega

Ketika mencoba Grand Avega dalam gelaran acara “Hyundai Grand Avega Media Fun Drive” ternyata ada salah satu fitur baru yang di terapkan oleh Hyundai pada varian Grand Avega. Fitur tersebut hanya ada di varian Grand Avega bertransmisi manual yang bertuliskan “Eco”. 


Namun Eco disini bukan berarti sebagai salah satu pilihan mengemudi atau berkendara,  melainkan suatu fitur pintar yang menginformasikan pengendaranya untuk memindahkan gigi atau dengan kata lain memberikan suatu informasi gigi mana yang baik digunakan sesuai dengan kecepatan yang sedang di tempuh oleh pengendaranya.

Fitur ini dapat mengatur atau menginformasikan pengendaranya untuk menaikan atau menurunkan gigi perseneling  sesuai dengan kecepatan pengendara saat melajukan Grand Avega. Tak hanya canggih, secara tidak langsung dengan adanya fitur ini tentu dapat membantu tingkat efesiensi bahan bakar pada Grand Avega atau dapat meminimalisasikan konsumsi bahan bakarnya. Bila dilihat secara keseluruhan, untuk seukurannya Hyundai Grand Avega cukup memiliki fitur-fitur canggih yang mungkin tak dimiliki kompetitor sekelasnya. Mulai trip perjalanan, informasi konsumsi bahan bakar dan juga lainnya .

Mobil Esemka Patua Angkut 1,5 Ton

Sejumlah pihak merasa puas dengan hasil uji coba mobil mini truk Esemka patua. Mobil Esemka Patua ini mampu mengangkut dengan kapasitas kurang lebih 1,5 sampai 2 ton. Selain itu, mobil dengan bahan bakar premium ini tergolong irit dan canggih hanya 1 liter bensin premium, mobil berkapasitas 1.500 CC ini mampu menempuh jarak lebih dari 15 km dengan harga mobil Esemka Patua tergolong murah hanya Rp. 50 jutaan.


Menurut  salah satu teknisi mobil Esemka Patua, mobil ini berstandar mobil era sekarang, dengan sistem injeksi. Truk mini ini lebih besar dari Gran Max sehingga kapasitas muatnya bisa 2 ton. Mobil Esemka Patua ini disejajarkan dengan  L 300. Mobil karya SMKN 2 ini dilengkapi pendingin mesin sekaligus pemanas yang tahan di suhu dingin.

Dalam proses perakitan dua mobil SMKN 2 dikerjakan dalam 3 minggu. Satu mobil dirakit sepuluh siswa. Masing-masing sisi kanan dan kiri sebanyak lima siswa. Mereka bertugas memasang roda, rem, dan merakit komponen serta bagian bodi mobil lainnya.

Komponen mobil ini didatangkan dari berbagai pihak dan kita tinggal merakitnya. Komponen yang semula rata tanah dirakit langsung. Mesinnya sendiri standar euro yang ramah lingkungan. Selain itu, emisi gas buang juga terstandar. Pembuangan emisi ini mengatur sendiri dengan sensor pada knalpot.

Jan 30, 2012

Daihatsu Juga Luncurkan Xenia Matik Full Aksesoris

Xenia mengeluarkan varian barunya bervarian Xenia matik yang full aksesoris, dan penambahan harga Rp. 5,9 juta dari versi otomatis standar. 




Penambahan harga menjadi Rp. 5,9 juta dari standarnya yang hanya 145,6 juta, masyakarkat akan terpuaskan dengan penambahan aksesoris, baik pada eksterior maupun interiornya. Xenia matik full aksesoris ini sudah mengusung : 
 
- Velg alloy 14 inci
- Palang air pada sisi mobil
- Electric mirror
- Front grille yang sudah full chrome, sehingga membuat tampilan luar Xenia lebih bergaya.

Pada bagian interior ada penambahan konsol boks, serta desain dari bahan wood panel yang lebih mewah dari versi standar, digital clock, sehingga membuat ruang kabin Xenia semkain mewah dan elegan.

Peluncuran dua varian Xenia bertransmisi otomatis ini sebagai bagian yang bertujuan untuk memberikan pilihan bagi konsumen pecinta Daihatsu Xenia dan  sebagai mobil keluarga yang nyaman dan semakin mudah dikendarai. Dan selain itu juga konsumen dipilihkan antara beda mobil Avanza Xenia.

Jan 27, 2012

Lampu Kabut

Seputar mobil tentang lampu kabut, lampu kabut hanya digunakan pada saat cuaca berkabut, jalanan berdebu atau hujan lebat. 


Gunakan lampu kabut sesuai aturan yang berlaku: Pemasangan kedua lampu harus berjarak sama baik yang kanan dari titik tengah kendaran. Lampu kabut dihubungkan bersama-sama lampu jarak dekat (pada saklar dim). Lampu kabut tidak dihidupkan bersama-sama dengan lampu jarak dan hanya dihidupkan bersama lampu kota. Lampu kabut boleh menggunakan lensa warna putih atau warna kuning

Ketika lampu kabut akan diaktifkan maka saklar lampu kepala harus pada posisi lampu jarak dekat. Saat saklar lampu kabut diaktifkan, arus listrik dari saklar lampu kepala akan mengalir ke relay melalui saklar lampu kabut. Dengan aktifnya relay maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu kabut melalui sekering dan relay.

Baca ulasan tentang mobil di berita otomotif

Mobil Esemka Rajawali Semakin Naik Pamor

Meskipun menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat luas, namun tetap saja mobil baru keluaran para siswa SMK ini seolah mempunyai daya tarik tersendiri. Meski masih tergolong baru dan belum setenar SUV di tanah air yang buatan Jepang, namun mobil Esemka cukup memukau. Tak pelak, mobil yang dihasilkan dari anak SMK di Solo itu mendapat perhatian masyarakat Indonesia. Spesifikasi harga Mobil Esemka Rajawali.



Desainnya dari depan khususnya lampu mengingatkan seperti mobil Honda CR-V. Sementara bodinya seperti SUV Ford Everest. Untuk  jumlah penumpang Mobil Esemka bisa menampung 7 penumpang. Dari ukuran bodi Esemka  memiliki panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm,dan tinggi 1.630 mm. Desain bodi SUV Esemka memang masih terlihat kaku dan tidak seperti SUV produk Jepang.

Berbicara dapur pacu mobil Esemka didukung dengan mesin 1.500 cc SOHC 4 silinder bensin dengan teknologi multi point injection yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 Hp pada putaran 5.500 RPM dengan torsi maksimum hingga 145 Nm di 4.100 RPM.

Untuk fitur interior elektronik, 
- Power steering, central lock, 
- Power windows, 
- AC dual zone, 
- Sensor parkir, 
- CD player tetapi belum pakai airbag. 
Soal harga SUV Esemka Harga Mobil Esemka Rajawali hanya dibanderol Rp 90 juta. Jelas jauh lebih murah disbanding SUV merk lainnya.

Jan 26, 2012

Jadikan Hyundai Avega Lebih Sporty dengan Sticker

Mobil pabrikan korea Hyundai Avega pada umumnya tampil dengan desain yang biasa-biasa saja,  tapi tidak kali ini mobil lansiran Korea tersebut  telah mengalami perubahan yang besar di setiap sektornya dan telah bergaya hatchback. Penampilan standarnya saja bisa dikatakan wah, bukanlah sebuah kesalahan besar jika dibuat lebih wah lagi dengan cara melakukan perubahan kecil seperti permainan stiker.


Jika ingin tampilan Hyundai Avega anda lebih keren, tanyakan saja pada ahlinya ke Ricky Harso yang menjadi seorang ahli desain stiker dari workshop Dice Sticker. Dalam desain body yang futuristik, Ricky membeberkan bahwa desain stiker yang perlu diterapkan ditujukan lebih ke arah sporty. “Elegan sangat tidak cocok,  jadi di buat desain grafik yang tidak boleh terlalu ‘curve’, namun lebih kaku agak tajam.

Dalam desain sederhana tersebut, Ricky juga menambahkan tidak perlu mengganti seputaran velg. Jika memang sudah ganti velg, kami akan mendesain ulang desain stiker untuk mengikuti desain velg serta dengan permainan sedikit warnanya.

Mengenai biayanya untuk desain stiker yang simpel, harga yang di berikan pada umumnya cukup bersahabat bahkan tidak sampai 7 angka. “Biaya sekitar 300 ribu rupiah plus plus dengan lama pengerjaan berkisar antara 2 hingga 3 jam

Hyundai Grand Avega Sentuhan Eropa

Hal menarik memandang Hyundai Grand Avega segi tampilan (ekstrior). Dengan desain sangat sporti dan anak mudah banget. Trus, kalau dipadang dari sisi tiga perempat bagian belakang, mengingatkan kita pada BMW Seri-1. Kemudian tarikan garis panjang dari depan sampai belakang yang cukup menonjol, menguatkan kesan sport dan punya kemiripan dengan kompetitornya, Ford Fiesta.

Perbedaannya pada lampu belakang Grand Avega tidak melebar sampai ke bodi samping, tapi lebih tinggi dengan posisi lampu mundur berada di tengah. Desainnya membuat tampilan belakang sangat dinamis.



Sentuhan Eropa
Tampilan depan dengan model gril yang kecil dipadu airdam cukup besar di bawah bemper menegaskan karakter mobil yang impresif. Tonjolan panjang di bagian tengah kap mesin memberi kesan kalau performa mesin cukup galak.

Mesin yang memiliki tipe Gamma 1.4 liter DOHC menghasilkan tenaga maksimum 108 PS pada 6.300 rpm dan torsi 13,9 kgm pada 5.000 5pm. Lebih besar dari pendahulunya Avega yang mempunyai tenaga maksimum 90 PS.

Sentuhan bercitra rasa sentuhan Eropa sangat menonjol pada desain dasbornya. Pada bagian center cluster dipadu dengan krom. Begitu juga pada palang kemudi - modelnya seperti terdapat di salah satu produk Honda - pemanis krom membentuk huruf "T". Kemudian juga pada pintu depan dan belakang dikasih krom pada sandaran tangan.

Bagian yang menarik bila berkendara di malam hari, indikator penunjuk putaran mesin dan kecepatan terbaca jelas di analog warna putih dan berpendar pancaran cahaya biru. Sayang, pandangan ke belakang dilihat dari spion dalam kurang luas akibat adanya sandaran kepala di bagian tengah bangku belakang.

Kelebihan desain dan fitur "Eco Drive", mobil seharga Rp159,8 juta untuk yang manual sangat terjangkau. Begitu juga yang matik dibanderol Rp169,8 juta dengan kelebihan "shiftronic" (satu-satunya di kelasnya), sangat pantas.

Jan 25, 2012

Yuk, Nyicipin Rasanya Nyetir Esemka Rajawali

Spesifik mobil Esemka Rajawali sesuai data yang diperoleh dari SMKN 2 Surakarta, Esemka Rajawali mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.630 mm, dengan jarak sumbu roda 3.050 mm. Sosoknya bagaikan sebuah SUV 7-seater. Dengan bentuk hidung mancung dan bodi panjang serta mengkotak di buritan. 


Dibagian pintu telah dilengkapi lampu door, jadi ketika pintu dibuka lampunya akan menyala. Dan kabin yang luas memudahkan penumpang berpostur 168 cm dan 87 kg  lapang masuknya. Joknya cukup nyaman dan ruang kaki lega. Kesan mewah langsung tergambar melihat nuansa interior.

Perpaduan warna coklat susu dan krem serta wood panel pada konsol tengah berisi audio dan Esemka Rajawali ini sudah dilengkapi audio. Ketika disetel radionya, suaranya bagus juga. Begitu pula fitur lainnya seperti AC double blower, central door lock, power window, electric mirror yang berfungsi oke. Sempat kaget ketika menatap dasbor, terhalang oleh lingkar  stir. Eits tenang, ternyata ada tilt steering. Weh, makin penasaran kan?

Kunci kontak diputar ketika mengetes mesinnya, terdengar suara mesin rada gemuruh. Asumsinya, suara berasal dari motor starter. Wah ternyata betul. “Itu karena penempatan motor starternya terlalu masuk. Karena dudukannya yang kita bikin, kurang keluar sedikit. Perlu dikikir lagi. Makanya mengakibatkan giginya ketika mesin hidup, giginya tergesek dan timbulkan bunyi.

Deruman suara mesin Esemka 1.5i, twincam 16 valve rada terdengar. Pasalnya, stasionernya lumayan tinggi, 1.000 rpm. “Pertimbangannya mesin itu berkapasitas 1.500 cc, kalau disetel pada 750 rpm, tenaganya akan ngedrop pada start awal. Sehingga disetel pada 1.000 rpm supaya start awalnya smooth.

Tarikan awal lumayan mumpuni. Perpindahan gigi pun oke tak berasa entakan. Begitu pula mencoba bermanuver belok kiri dan kekanan. Peranti power stering membuat nyaman. Begitu pula remnya. Sayangnya kami belum sempat mencoba lebih lama untuk mencoba suspensi lengan torsi depan dan per daun belakang.

Jan 24, 2012

Esemka Patua Mobil Pikap Dari SMKN 2 Surabaya

Semakin banyak jenis mobil Esemka dengan ditambahnya Esemka Patua yang telah diresmikan pada tanggal 12 Januari 2012 lalu. Pada acara peresmian yang bertepatan dengan hari jadi SMKN 2 Surabaya yang ke 100, Mobil Esemka Patua diresmikan tanpa dihadiri Walikota Tri Rismaharini maupun pejabat dari Dinas Pendidikan.


Selain acara peresmian mobil Esemka Patua, pada kesempatan tersebut juga diadakan test drive Esemka Patua dengan menempuh jarak sekitar 3 kilometer dengan mengitari Jalan BKR Pelajar, Jalan Bromo, Jalan Arjuno, Jalan Argopura dan kembali ke SMKN 2 Surabaya.

Bapak Bahrun selaku Kepala SMKN 2 Surabaya berharap para siswanya lebih inovatif dan kreatif dalam belajar. Selain itu beliau menyampaikan juga bahwa SMK tidak dituntut untuk membuat, tapi merakit mobil. Selain itu anak-anak nantinya tidak hanya bisa memakai tapi juga bisa merawat sehingga tahu teknologi yang ada dalam mobil. Dan banyak hal lain yang disampaikan oleh Bapak Bahrun.

Untuk spesifikasi dan harga mobil esemka Patua akan dibahas dilain kesempatan, sekian informasi mengenai Esemka Patua Mobil Pikap Dari SMKN 2 Surabaya.