Mar 24, 2012

Mazda2 Bermesin 1.300 cc Skyactiv, Lebih Irit BBM

Mazda mengembangkan mesin generasi baru yang diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Mesin anyarnya tersebut adalah Skyactiv, pasalnya mesin ini akan di tanamkan pada mobil pabrikan Mazda.

 
Pemasangan perdana mesin baru ini ditanamkan pada mobil Mazda hatchback, Demio. Demio alias Mazda2 adalah mobil yang bertipe mesin direct-injection. Demio bermesin Skyactiv ini sendiri pertama kali dipamerkan di ajang Tokyo's Automotive Engineering Exposition pada tanggal 18-20 Mei pekan lalu.

Mazda2 memiliki mesin berkapasitas 1.3 liter  yang menghasilkan tenaga 84 dk pada 5.400 rpm. Mesin ini memiliki rekor kompresi yang bagus, yakni 14.0:1. Jadi dipastikan wajib meminum BBM beroktan 95 ke atas. Urusan konsumsi BBM, Demio menghasilkan angka yang fantastis, yaitu 1 liter untuk 30 km. Mesin anyar ini bukan sekedar mengejar irit bbm pada sistem barunya, melainkan memiliki sistem yang terbilang canggih karena telah mengaplikasikan new i-stop sistem dan girboks continuously variable transmission (CVT), yang berkontribusi menghemat BBM hingga 8 persen.

Kelebihan pada mesin ini adalah multi-hole injectors yang mampu meningkatkan kepresisian semburan BBM. Lalu ruang bakar kompak dengan ukuran stroke panjang untuk efisiensi lebih baik, material blok mesin yang ringan dan kuat, serta sistem dual sequential valve timing.

No comments:

Post a Comment